Thursday, February 18, 2010

Apa Yang Harus Dilakukan Jika di Kantor Ada Pencuri?

Tidak jarang tindak pencurian terjadi di lingkungan kerja. Entah sekedar mengambil post it note, stationery kantor atau kasus yang lebih berat seperti database klien kantor atau bahkan uang cash. Hal ini harus mendapat perhatian dan pengawasan dari manajemen, termasuk Anda sebagai pemimpin yang wajib menjaga lingkungan kerja agar tetap kondusif demi produktifitas mereka. Siapapun, tidak akan merasa nyaman bekerja di kantor yang tidak ‘aman’ dan pernah atau sering terjadi kasus pencurian, terlebih lagi jika kasus tersebut tak terpecahkan.

Pencurian bisa terjadi di lingkungan kantor manapun dan di industri apapun. Sang pelaku kriminal bisa muncul di mana saja dan seringkali tidak terdeteksi keberadaannya. Dengan keadaan kantor yang seringkali tertutup pelaku pencurian justru orang yang sudah dikenal dan mengetahui seluk beluk kantor. Apa yang harus Anda lakukan agar Anda lebih siap menghadapi dan mencega kemungkinan terjadinya pencurian di kantor Anda?

Be informed tentang gedung dan kantor Anda.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menciptakan rasa aman adalah dengan memperhatikan dan memahami sistem keamanan kantor atau gedung. Pastikan Anda mengetahui siapa yang bertugas mengunci dan membuka kantor setiap harinya dan sistem keamanan yang diterapkan di gedung atau kantor Anda. Bila kunci kantor, kode kombinasi atau kunci ruangan apapun dimiliki oleh beberapa orang yang berbeda, pastikan Anda memiliki informasi siapa saja karyawan yang bertanggung jawab atas setiap kunci.

Pengawasan lebih ketat untuk lingkungan tertentu.

Ditempat yang dirasakan memiliki kemungkinan besar atau daya tarik besar untuk didatangi si tangan panjang, seperti bagian finance, akunting atau gudang perlengkapan kantor yang berharga, pasanglah kamera CCTV atau kamera pengintai. Keberadaan kamera selain bisa memberikan bukti jika terjadi pencurian juga akan memberikan ancaman psikologis bagi mereka yang berniat tidak baik.

Terapkan konsekuensi.

Saat Anda mengetahui bahwa pencurian dilakukan oleh pegawai Anda, tentunya dengan bukti-bukti yang bisa dipertanggungjawabkan, segera bawa yang bersangkutan keruangan Anda jauh dari karyawan lain. Saat Anda mengkonfrontir si pelaku, tugaskan seseorang untuk menelepon polisi agar Anda bisa membuat pengaduan. Jangan hanya sekedar mem-PHK karyawan tersebut pada saat itu juga namun libatkan kepolisian. Kepolisian akan lebih mengetahui tindakan apa yang sebaiknya dilakukan agar pelaku mendapatkan efek jera, karena umumnya pencurian adalah perbuatan yang berulang. Tentunya Anda tidak ingin membiarkan pencuri lepas begitu saja sehingga dia bisa mengulangi perbuatannya di perusahaan lain.

Pencurian data base atau data penting perusahaan

Walaupun perkembangan teknologi informatika berkembang sangat cepat, pencurian data masih saja sering terjadi. Hal ini disebabkan banyak komputer perusahaan yang lalai tidak diupgrade sehingga bisa dengan gampang bisa ‘dibobol’ untuk mendapatkan informasi dan uang. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengupdate sistem komputer dan programnya. Jangan segan untuk mempekerjakan professional untuk melakukan hal ini walaupun Anda harus mengeluarkan uang yang cukup banyak. Anggaplah ini sebagai investasi yang akan Anda peroleh hasilnya nanti. Pastikan tiap karyawan memiliki akses ke data yang sesuai dengan tanggung jawabnya dan assign masing-masing dari mereka dengan user name dan password sendiri-sendiri.

Remember!
Bersikap tegas kadangkala merupakan bukti bahwa Anda mengasihi orang-orang yang kurang disiplin.

Artikel lainnya

No comments:

Post a Comment