Sunday, December 20, 2009

Ketika Jalan Tak Lagi Searah

Semangat untuk cepat lulus kuliah sudah pasti dimiliki setiap mahasiswa, terutama mereka yang sudah mendapat julukan "mahasiswa abadi" dari teman-teman seangkatan. Saat sudah lulus, kembali dipusingkan dengan pertanyaan "saya mau kerja apa dan dimana ya?". terkadang kenyataan tidak sesuai dengan impian. saat dibangku kuliah sangat memimpikan mendapat pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya. tetapi saat ijazah sudah ditangan, justru bingung karena justru merasa tidak cocok dengan ilmu yang didapat dulu.

Secara garis besar idealis seorang mahasiswa sangat besar ketika masih menuntut ilmu dibangku kuliah, tetapi kenyataan justru bertolakbelakang dan mengharuskan mereka untuk tetap bertahan hidup dengan ilmu-ilmu yang secara tidak sengaja ditemui di lingkungan pekerjaan yang jauh sekali dari jurusan kuliah dulu. tapi bukan hal ini yang saya ingin bahas sekarang, justru bidang lain itulah yang akan kita bicarakan.

Bisnis, kata ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Semua golongan masyarakat secara tidak langsung berkutat di dalam dunia bisnis. Ada penjual dan ada juga pembeli, itu bisnis dalam arti sempit. Dalam arti luas tentu memiliki begitu banyak definisi.

orang yang bekerja sekarang juga menjalankan bisnis walau pun hanya sebagai sampingan saja. mulai dari bisnis kosmetik, perabot, sampai bisnis makanan juga. Saya pikir memang tidak salah berjualan, selama itu halal dan tidak merugikan orang lain. saat ini lebih marak lagi dengan bisnis online atau biasa disebut dengan online shopping. Si penjual memasarkan produk dengan memajang foto atau katalog di web atau blog mereka, dan si pembeli pun memilih-milih barang secara maya. Seluruh transakasi penjualan dan pembelian dilakukan secara online termasuk pembayaran. Dibutuhkan tingkat kepercayaan dan kejujuran yg tinggi diantara penjual dengan pembeli.


No comments:

Post a Comment